Hikayat Serigala dan Kambing



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Pada postingan kali ini penulis akan membahas tentang Cerita, ata dalam bahasa arab disebut hikayat. Cerita adalah rangkaian peristiwa yang disampaikan, baik berasal dari kejadian nyata (non fiksi) ataupun tidak nyata (fiksi). Dalam pengertian lain cerita adalah tuturan yang membentangkan bagaimana terjadinya suatu hal (peristiwa, kejadian, dan sebagainya). Cerita juga dapat berarti karangan yang menuturkan perbuatan, pengalaman, atau penderitaan orang, kejadian dan sebagainya (baik yang sungguh-sungguh terjadi maupun yang hanya rekaan belaka).Adapunjenis-jenisceitadiantaranya : Fabel atau cerita binatang, yaitu sebuah cerita rakyat yang tokoh pelakunya berupa binatang, dan binatang tersebut bisa berperilaku seperti manusia.
Dalam bahasa Arab disebut dengan istilah Hikayat, yang berarti kisah, cerita, atau dongeng. Dalam sastra Melayu lama, hikayat diartikan sebagai cerita rekaan berbentuk prosa panjang berbahasa Melayu, yang menceritakan tentang kehebatan dan kepahlawanan orang ternama dengan segala kesaktian, keanehan, dan karomah yang mereka miliki. Adapun hikayat yang akan kami bahas yaitu jenis hikayat fabel yang tokoh-tokohnya berupa binatang yang bejudul الثعلبوالعنز"” atau dalam artian " Serigala dan Kambing ". Tujuan dari pembahasan postingan ini yaitu agar pembelajarannya pembaca bisa mengerti dari cerita yang akan dibahas dan mengerti setiap mufrodat dari cerita " Serigala dan Kambing ". Tujuan utama dari postingan ini agar pembaca bisa mendapatkan mufradat atau kosakata baru dalam bahasa arab. Berikut akan dibahas hikayat tersebut :


 Hikayat الثعلبوالعنز"
الثَّعْلَبُ وَ العَنْزُ
عَطِشَ ثَعْلَبٌ. وَ ذَهَبَ إِلَى بِئْرٍ لِيَشْرَبَ فَسَقَطَ فِيْها. وَ لَـمَّا شَرِبَ أَرَادَ الْـخُرُوجَ فَلَمْ يَقْدِرْ. لِارْتِفَاعِ جِدَارِ الْبِئْرِ. وَ بَعْدَ قَلِيْلٍ أَتَتْ عَنْزٌ لِتَشْرَبَمِنْها. فَرَأَتِ الثَّعْلَبَفِيْها. فَسَأَلَتْهُ << هَلْ مَاءُ هَذِهِ الْبِئْرِ عَذْبٌ >>. فَقَالَ الثَّعْلَبُ. << نَعَمْ. بَلْ هُوَ أعْذَبُ مَا ذُقْتُ طُولَ عُمْرِى. وَ لِذَلِكَ تَرَيْنَنِى بَاقِيًا هُنَا  لَا أُرِيْدُ الخُرُوجَ.  تَفَضَّلِى انْزِ لِى لِتُشَارِكِينِى فِيْهِ >>. فَاغْتَرَّتِ العَنْزُ بِـحَذَا اْلكَرَمِ. وَ وَثَبَتْ إِلَى دَاخِلِ الْبِئْرِ. وَ أَخَذَتْ تَشْرَبُ حَتَّى رَوِيَتْ. وَ أَمَّا الثَّعْلَبُ فَوَثَبَ عَلَى ظَهْرِ هَا وَ خَرَجَ إِلَى وَجْهِ الأَرْضِ. فَبَقِيَتِ العَنْزُ حَائِرَةً لَا تَدْرِى كَيْفَ تَـخْرُجُ. فَطَلَبَتْ إِلَيْهِ أَنْ يَعُودَ لِيُسَاعِدَهَا. فَقَالَ لَهَا << أَنَا نَجَوْتُ بِنَفْسِى. وَ لَيْسَ لِى فَائَدَةٌ فِى مُسَاعَدَتِكِ أَيَّتُحَا الْـجَاهِلَةُ >> . فَأَدْرَكَتِ الْعَنْزُ أَنَّهُ خَدَعَهَا. وَ نَدِمَتْ عَلَى ذَلِكَ.
Translate :
Serigala dan Rusa
seekor serigala sedang haus. Dan dia pergi ke sumur untuk minum lalu dia pun terjatuh ke dalam sumur tersebut. Dan ketika dia telah minum dia pun ingin keluar tetapi dia tidak bisa untuk menaiki tembok sumur tersebut. Dan tak lama kemudian, datanglah seekor rusa untuk minum di sumur itu. Dia pun melihat seekor serigala di dalam sumur tersebut. Dan dia bertanya kepadanya “ Apakah air sumur ini segar ? “ serigala itu berkata “ Iya, akan tetapi kau terlalu jauh untuk mencobanya. Maka dari itu karena enaknya saya tidak mau keluar dari sumur ini, silahkan turun kesini untuk mencobanya “.Rusa itu tertipu dengan kedermawanannya. Maka dia melompat ke dalam sumur. Dan dia pun minum sampai puas. Dan serigala itu melompat ke atas punggung rusa dan keluar dari sumur itu. Dan rusa itu tidak tahu bagaimana cara untuk keluar dari sumur tesebut. Dia pun meminta tolong kepada serigala untuk keluar, serigala itu berkata “ Saya berusaha sendiri untuk keluar dan tidak ada untungnya bagiku untuk menolongmu rusa bodoh “. Rusa itu pun sadar bahwa dia dikelabui oleh serigala. Dan dia pun menyesali perbuatannya.

Kosakata / Mufradat Dalam Ceritaالثعلبوالعنز"
فَسَأَلَتْهُ = diabertanyakepadanya
الْـخُرُوجَ = keluar
عَطِشَ = haus
مَاءُ = air
يَقْدِر = diatidakmampu
ثَعْلَبٌ = serigala
عَذْبٌ = segar
لِارْتِفَاعِ = untuknaik
العَنْز = kambing
أعْذَبُ =segar
جِدَارِ = dinding
ذَهَبَ = pergi
ذُقْتُ =terasa
بَعْدَ = setelah
بِئْرٍ = sumur
طُولَ =panjang
قَلِيْلٍ = sedikit/ lama
لِيَشْرَبَ = untukminum
عُمْرِى =usia
أَتَتْ = datang
فَسَقَطَ = diaterjatuh
تَرَيْنَنِى =enaknya
. فَرَأَتِ= diamelihat
أَرَادَ = mau
تَدْرِى =dihasilkan
دَاخِلِ =dalam
بَاقِيًا =berlanjut
فَطَلَبَتْ =akubertanya
أَخَذَتْ =mengambil
الخُرُوجَ =diluar
يَعُودَ =memintatolong
رَوِيَتْ =diberitahu
تَفَضَّلِى =silahkan
لِيُسَاعِدَهَا =untukkeluar
فَوَثَبَ =melompat
انْزِ لِى =turun
نَجَوْتُ =selamat
ظَهْرِ =punggung
لِتُشَارِكِينِى =untukkamuberbagi
بِنَفْسِى =dengansendiri
 الأَرْضِ =tanah
فَاغْتَرَّتِ =diatertipu
فَائَدَةٌ = tidakadauntungnya
فَبَقِيَتِ =ditinggali
اْلكَرَمِ =kemurahanhati
مُسَاعَدَتِكِ =masaberjanji
َائِرَةً =cara
ثَبَتْ =terbukti
نَدِمَتْ = menyesal
. فَأَدْرَكَتِ =sayamenyadari
أَيَّتُحَا =bagiku
وَجْهِ  = wajah
خَدَعَهَا =terpedaya
الْـجَاهِلَة =bodoh
 Sekian pembahasan dari cerita tersebut, semoga pembaca dapat mengambil manfaat dan pelajaran dari postingan ini. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh :)

2 komentar:

  1. Jazakumullah khairan katsiran,,, sangat membantu

    BalasHapus
  2. Permisi, Assalamualaikum ...
    saya izin mengambil ceritanya ya, sebagai bahan UAS saya, kalau boleh tau nama pengarangnya siapa ya?

    BalasHapus

INSTAGRAM FEED

@soratemplates